Contoh Model Silabus
0
komentar
Dalam menyusun silabus dapat memilih salah satu format yang ada di antara dua format di bawah.
Format 1
SILABUS
Nama Sekolah : SD ...
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas/semester : IV/2
Standar Kompetensi : 2. Mengenal sumber daya alam, kegiatan ekonomi, dan kemajuan teknologi di lingkungan kabupaten/kota dan provinsi
Kompetensi Dasar : 2.3 Mengenal perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi serta pengalaman menggunakannya
Alokasi Waktu : 12 x 35 Menit
Materi Pokok/ Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar |
Perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi | · Mencari hubungan cara memproduksi “tahu” Kediri pada masyarakat masa lalu dan masa kini · Membuat dan membaca diagram/grafik tentang proses memproduksi ”tahu” Kediri dari kekayaan alam yang tersedia · Menganalisis bahan baku yang dapat diolah menjadi beberapa jenis ”tahu” Kediri | · Membandingkan jenis-jenis teknologi untuk produksi yang digunakan oleh masyarakat pada masa lalu dan masa sekarang. · Membuat diagram alur tentang proses produksi dari kekayaan alam yang tersedia · Menganalisis bahan baku untuk produksi barang | Tes tertulis: Uraian tetang Perkembangan teknologi produksi | 4 x 35 menit | · Gambar alat produksi ”tahu” · Pabrik tahu · Buku IPS kelas IV semester 2 ·Majalah/ koran/ media elektronik |
· Melakukan pengamatan alat-alat teknologi komunikasi yang digunakan masyarakat Kediri pada masa lalu dan masa kini · Memberikan contoh/mende- monstrasikan cara-cara penggunaan alat teknologi komunikasi pada masa lalu dan masa kini | · Membandingkan alat-alat teknologi komunikasi yang digunakan masyarakat pada masa lalu dan masa kini. · Menunjukkan cara penggunaan alat teknologi komunikasi pada masa lalu dan masa sekarang. | Non tes: Lembar pengamatan | 3 x 35 menit | · Gambar-gambar alat komunikasi · Buku IPS kelas IV semester 2 ·Majalah/ koran/media elektronik | |
· Memberikan contoh jenis-jenis teknologi transportasi pada masa lalu dan masa kini · Melakukan pengamatan jenis-jenis teknologi transportasi di Kediri pada masa lalu dan masa kini · Mendiskusikan perbedaan jenis-jenis teknologi transportasi pada masa lalu dan masa kini | · Membandingkan jenis teknologi transportasi pada masa lalu dan masa sekarang. | Tes tertulis: Bentuk uraian tentang teknologi transportasi | 5 x 35 menit | · Gambar-gambar alat transportasi · Buku IPS kelas IV semester 2 ·Majalah/ koran/ media elektronik ·Lingkungan sekitar | |
· Bercerita tentang pengalaman mengguna kan teknologi transportasi | · Menceritakan pengalaman menggunakan teknologi transportasi |
Catatan : Pengambilan karakteristik daerah Kediri pada kegiatan pembelajaran di atas hanya sebagai contoh. Sekolah pada daerah lain harus menyesuaikan dengan karakteristik daerah masing-masing.
Format 2
SILABUS
Nama Sekolah : SMP ...
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas/Semester : VII/1
I. Standar Kompetensi : 1. Menunjukkan sikap positif terhadap norma-norma yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.
II. Kompetensi Dasar : 1.1. Mendeskripsikan hakikat norma-norma, kebiasaan, adat istiadat, peraturan, yang berlaku dalam masyarakat
III. Materi Pokok/Pembelajaran : Sikap positif terhadap norma-norma, kebiasaan, adat istiadat, peraturan yang berlaku di masyarakat
IV. Kegiatan Pembelajaran : Mencari informasi dari berbagai sumber tentang norma-norma yang berlaku dalam masyarakat Minang Kabau
§ Mencari informasi dari berbagai sumber tentang kebiasaan yang berlaku dalam masyarakat Minang Kabau
§ Mencari informasi dari berbagai sumber tentang adat-istiadat yang berlaku dalam masyarakat Minang Kabau
§ Mencari informasi dari berbagai sumber tentang peraturan yang berlaku dalam masyarakat Minang Kabau
§ Mendiskusikan perbedaan macam-macam norma yang berlaku di masyarakat Minang Kabau
§ Mencari informasi akibat dari tidak mematuhi norma-norma, kebiasaan, adat istiadat, peraturan yang berlaku dimasyarakat Minang Kabau
§ Membuat laporan
V. Indikator : ¢ Menjelaskan pengertian norma-norma dan peraturan yang berlaku dalam masyarakat
§ Menjelaskan pengertian kebiasaan dan adat istiadat yang berlaku dalam masyarakat
§ Memberi contoh norma-norma, kebiasaan, adat istiadat, peraturan, yang berlaku dalam masyarakat
§ Menunjukkan sikap mematuhi norma, kebiasaan, adat istiadat, peraturan yang berlaku dalam masyarakat
VI. Penilaian : ¢ Tes tertulis dalam bentuk uraian
¢ Perilaku siswa dalam bentuk laporan
VII. Alokasi Waktu : 4 x 40 menit
VIII. Sumber Belajar : ¢ Buku Teks PKn Kelas VII
¢ Perpustakaan
¢ Narasumber
G. Pengembangan Silabus Berkelanjutan
Dalam implementasinya, silabus dijabarkan dalam rencana pelaksanaan pembelajaran, dilaksanakan, dievaluasi, dan ditindaklanjuti oleh masing-masing guru.
Silabus harus dikaji dan dikembangkan secara berkelanjutan dengan memperhatikan masukan hasil evaluasi hasil belajar, evaluasi proses (pelaksanaan pembelajaran),dan evaluasi rencana pelaksanaan pembelajaran.
(Panduan Penyusunan KTSP-BSNP)