RPP KURIKULUM 2013 SD
0
komentar
RPP Kurikulum 2013 untuk Sekolah Dasar - Berikut ini adalah contoh RPP Kurikulum 2013 untuk Kelas 1 Sekolah Dasar yang dapat Anda jadikan contoh dalam penyusunan RPP.
Contoh RPP Kurikulum 2013 untuk Kelas 1 Sekolah Dasar
Contoh RPP Kurikulum 2013 untuk Kelas 1 Sekolah Dasar
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
KURIKULUM 2013
Satuan Pendidikan : ......................................
Kelas / Semester : I (Satu) / 1
Tema / Topik : Diri sendiri (Jujur, Tertib Dan Bersih)
Sub Tema : Aku dan Teman Baru
Pembelajaran ke :
1
Alokasi waktu :
1 Hari
A. KOMPETENSI INTI
1) Menerima dan
menjalankan ajaran
Agama
yang dianutnya
2) Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi
dengan keluarga, teman dan guru
3) Memahami pengetahuan
faktual dengan
cara mengamati mendengar, melihat, membaca] dan menanya
berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan
benda-benda yang
dijumpainya di
rumah, sekolah
4) Menyajikan pengetahuan faktual
dalam bahasa yang
jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan
yang mencerminkan anak sehat, dan
dalam tindakan
yang
mencerminkan
perilaku
anak beriman dan berakhlak mulia
B. KOMPETENSI DASAR
PPKn
Ø Menunjukkan
perilaku baik (jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli/kasih
sayang, dan
percaya
diri) dalam berinteraksi
dengan keluarga, teman, dan guru, sebagai perwujudan nilai
dan
moral
Pancasila. (KI-2)
Bahasa Indonesia
Ø Menyapa, memperkenalkan diri dan
menyampaikan ucapan selamat, terima kasih
atau permohonan maaf (KI-2)
PJOK
Ø
Mempraktikkan pola gerak dasar manipulatif yang dilandasi konsep
gerak dalam berbagai bentuk permainan
sederhana dan atau permainan tradisional.
SBdP
Ø Menggambar
ekspresi dengan mengolah garis, warna dan bentuk berdasarkan hasil pengamatan di lingkungan sekitar.
C. INDIKATOR
PPKn
Ø Menyebutkan tata
tertib
yang berlaku dalam kehidupan
sehari-hari
di sekolah
Ø bersikap baik (jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli/kasih
sayang, dan percaya diri) dalam berinteraksi dengan teman
Ø bersikap baik (jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli/kasih
sayang, dan percaya diri) dalam berinteraksi dengan guru
Bahasa
Indonesia
Ø Memperkenalkan
diri
dengan
sopan kepada
guru
dan teman
sekelas
Ø Menceritakan dengan sopan
jumlah
anggota keluarga
dan
pekerjaan orang tua
Ø Mengucapkan
sapaan yang sesuai
Ø Menyebutkan
nama temannya.
PJOK
Ø Melakukan
gerakan melempar.
Ø Melakukan
gerakan menangkap.
SBdP
Ø Memberi
hiasan pada kartu nama.
D.
TUJUAN
Ø Setelah
mengikuti permainan lembar bola, siswa dapat memperkenalkan diri dengan
Ø menyebutkan
nama panggilan secara benar.
Ø Dengan
melakukan permainan siswa dapat menyebutkan nama lengkap dengan benar.
Ø Setelah
mendengarkan penjelasan guru, siswa dapat menghias kartu nama dengan rapi.
Ø Menerima dan
menjalankan ajaran
Agama
yang dianutnya
Ø Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi
dengan keluarga, teman dan guru
Ø Memahami pengetahuan
faktual dengan
cara mengamati mendengar, melihat, membaca] dan menanya
berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan
benda-benda yang
dijumpainya di
rumah, sekolah
Ø Menyajikan pengetahuan faktual
dalam bahasa yang
jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan
yang mencerminkan anak sehat, dan
dalam tindakan
yang
mencerminkan
perilaku
anak beriman dan berakhlak mulia
E. MATERI
ü Penggunaan
bahasa Indonesia
yang
baik untuk berdoa (sesuai
agama yang dianutnya) di
sekolah dan di
rumah.
ü Perilaku
yang
baik dan sopan dalam mendengarkan
dan berbicara pada
saat
memperkenalkan
identitas diri, bercakap-cakap
dengan
keluarga, guru, dan teman
ü Berkomunikasi
secara
lisan dengan orang
lain dengan menggunakan
informasi tentang data
diri, bagian tubuh
dan kebutuhan
tubuh, lingkungan dan
pola hidup sehat, lingkungan
sekitar, buah, tanaman, dan
masakan
F.
PENDEKATAN & METODE
Pendekatan :
Scientific
Strategi :
Cooperative
Learning
Teknik :
Example
Non Example
Metode :
Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan
Ceramah
G. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
1. Mengajak semua siswa berdo’a
menurut agama dan keyakinan masing-masing, dilanjutkan dengan
2. Guru memberikan salam dan
mengajak berdoa.
3. Melakukan
komunikasi tentang kehadiran siswa.
4. Mengajak
berdinamika dengan tepuk kompak/dinamika dan lagu yang relevan.
5. Guru menyiapkan fisik dan
psikhis anak dalam mengawali kegiatan pembelajaran serta menyapa anak.
6. Menyampaikan tujuan
pembelajaran hari ini.
|
10
menit
|
Kegiatan
Inti
|
Teman Baru
1.
Membiasakan
berdoa sebelum dan sesudah
2. belajar sesuai dengan agama yang dianutnya
3.
Mendengarkan
doa yang
ucapkan
oleh guru
4.
Bersikap khusuk (menjaga keheningan) dalam
mendengarkan doa
5.
Pada
awal pelajaran, guru memperkenalkan diri kepada siswa.
6.
Guru
meminta siswa membuka buku hal. 1 dan membacakan teks dan nama-nama teman
Udin.
7.
Guru
menunjukkan cara-cara berkenalan, seperti yang dilakukan oleh Edo dan Beni di
buku siswa hal. 2.
8.
Siswa
diajak saling berkenalan melalui permainan lempar bola dan menjelaskan aturan
permainannya yaitu siswa diminta membuat lingkaran (boleh duduk atau berdiri).
9.
Permainan
dimulai dari guru dengan memperkenalkan diri terlebih dahulu, ”Selamat pagi,
nama saya Bapak/Ibu.... nama panjang saya.... biasa dipanggil Bapak/Ibu.... kemudian, guru melempar bola pada salah satu
siswa (hindari pelemparan bola dengan keras)
10.
Siswa
yang berhasil menangkap bola kemudian memperkenalkan diri dengan menyebutkan nama
lengkap dan nama panggilan seperti contoh dari guru.
11.
Kemudian,
dia melempar bola kepada teman lain. Teman yang menangkap lemparan bola
memperkenalkan diri dengan menyebutkan nama lengkap dan nama panggilan.
12.
Demikian
dilakukan terus menerus sampai seluruh siswa memperkenalkan diri.
13.
Setelah
semua sudah memperkenalkan diri, guru mengajak siswa bernyanyi sambil mengingat
kembali nama-nama teman di kelas. Guru menggunakan lagu yang ada di buku
siswa.
Lirik lagu “Siapa Namamu”
Cipt. A.T. Mahmud
1 2 / 3 ./ 3 4 / 5 ./
Sia pa kah na ma mu
5 4 / 3 . / 3 3 /1 . //
Na ma ku ............. (sebutkan
nama anak)
9. Siswa masih berada pada posisi melingkar.
Guru menyanyi sambil menepuk pundak salah satu siswa, lalu siswa tersebut
menyebutkan namanya. Kemudian siswa
tersebut menepuk pundak teman di sebelahnya sambil menyanyi “Siapakah Namamu”
dan teman tersebut menyebutkan namanya sambil mengikuti irama
lagunya dan seterusnya.
10. Kegiatan ditutup dengan diskusi tentang
pentingnya kita saling mengenal, dan dapat dimulai dari mengenal nama.
Menghias Kartu
Nama
1. Guru menjelaskan untuk dapat
mengenal nama teman, kita bisa menggunakan kartu nama.
2. Guru menyampaikan kalau siswa akan
membuat kartu nama mereka masing-masing.
3. Guru membagikan potongan kertas karton
dengan nama masing-masing siswa.
4. Guru menunjukkan kartu namanya sendiri yang
sudah dihias dan sudah dibuat sebelumnya sebagai contoh para siswa.
5. Siswa diminta untuk menghiasi dan
mewarnai kartu nama mereka masing-masing.
6. Siswa diminta menggunakan kartu
namanya selama berada di sekolah .
|
150
menit
|
Kegiatan
Penutup
|
1)
Bersama-sama
siswa membuat kesimpulan
/rangkuman hasil
belajar selama
sehari
2)
Siswa
melakukan perenungan tentang pembelajaran hari ini.
3)
Siswa
menuliskan apa yang telah mereka
pelajari, kesulitan-kesulitan yang mereka alami, serta hal lain apa yang
ingin mereka pelajari dan ketahui lebih lanjut/dalam.
4) Guru mengajak para siswa untuk
mendiskusikan perenungan dengan mengajak siswa membacakan jawaban mereka.
5) Bertanya jawab
tentang materi
yang sudah dipelajari
(untuk mengetahui hasil
ketercapaian
materi).
6)
Siswa diberi kesempatan berbicara/bertanya dan
menambahkan informasi dari siswa lainnya. Guru menyampaikan pesan untuk hari ini.
7) Salam dan do’a penutup.
|
15
menit
|
H. SUMBER DAN MEDIA
·
Diri anak, Lingkungan
keluarga, dan Lingkungan sekolah.
·
Buku Pedoman Guru Tema 1
Kelas 1 dan Buku Siswa Tema 1 Kelas 1 ( Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta:
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
·
Buku Pengembangan Diri Anak.
·
Video/slide/buklet/pamflet/gambar
tentang Aku dan Teman Baru.
Bola plastik.
Kertas Karton yang sudah dipotong- potong dan diberi nama
masing- masing siswa.
Pewarna yang bisa
digunakan untuk menghias kartu yang sudah disediakan.
Tali rafia atau peniti.
I.
PENILAIAN
- Prosedur Penilaian
a. Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan
dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan
akhir.
b. Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis
dan lisan (terlampir).
- Instrumen Penilaian
a. Penilaian Proses
1)
Penilaian Kinerja.
2)
Penilaian Produk.
b. Penilaian Hasil Belajar
·
Pilihan ganda.
·
Isian singkat.
· Esai atau uraian.
Itulah Contoh RPP Kurikulum 2013 untuk Kelas 1 Sekolah Dasar yang dapat Anda jadikan contoh atau acuan dalam penyusunan RPP kurikulum 2013. Semoga bermanfaat...