RPP KURIKULUM 2013 SD

Posted by Author 0 komentar
RPP Kurikulum 2013 untuk Sekolah Dasar -  Berikut ini adalah contoh RPP Kurikulum 2013 untuk Kelas 1 Sekolah Dasar yang dapat Anda jadikan contoh dalam penyusunan RPP.
Contoh RPP Kurikulum 2013 untuk Kelas 1 Sekolah Dasar



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
KURIKULUM 2013

Satuan Pendidikan             :  ......................................
Kelas / Semester                :  I (Satu) / 1
Tema / Topik                   :  Diri sendiri (Jujur, Tertib Dan Bersih)
Sub Tema                            :  Aku dan Teman Baru
Pembelajaran ke                :  1
Alokasi waktu                      :  1 Hari

A.      KOMPETENSI INTI
1)       Menerima dan menjalankan ajaran Agama yang dianutnya
2)       Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
3)       Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah
4)       Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

B.      KOMPETENSI DASAR

PPKn
Ø  Menunjukkan perilaku baik (jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli/kasih sayang, dan percaya diri) dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru, sebagai perwujudan nilai dan moral Pancasila. (KI-2)

Bahasa Indonesia
Ø  Menyapa, memperkenalkan diri dan menyampaikan ucapan selamat, terima kasih atau permohonan maaf (KI-2)

PJOK
Ø  Mempraktikkan pola gerak dasar manipulatif yang dilandasi konsep gerak dalam     berbagai bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional.

SBdP
Ø  Menggambar ekspresi dengan mengolah garis, warna dan bentuk berdasarkan hasil   pengamatan di lingkungan sekitar.

C.      INDIKATOR

PPKn
Ø   Menyebutkan tata tertib yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di sekolah
Ø   bersikap baik (jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli/kasih sayang, dan percaya diri) dalam berinteraksi dengan teman
Ø   bersikap baik (jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli/kasih sayang, dan percaya diri) dalam berinteraksi dengan guru


Bahasa Indonesia
Ø  Memperkenalkan diri dengan sopan kepada guru dan teman sekelas
Ø  Menceritakan dengan sopan jumlah anggota keluarga dan pekerjaan  orang tua
Ø  Mengucapkan sapaan yang sesuai
Ø  Menyebutkan nama temannya.


PJOK
Ø  Melakukan gerakan melempar.
Ø  Melakukan gerakan menangkap.

SBdP
Ø  Memberi hiasan pada kartu nama.

D.      TUJUAN
Ø  Setelah mengikuti permainan lembar bola, siswa dapat memperkenalkan diri dengan
Ø  menyebutkan nama panggilan secara benar.
Ø  Dengan melakukan permainan siswa dapat menyebutkan nama lengkap dengan benar.
Ø  Setelah mendengarkan penjelasan guru, siswa dapat menghias kartu nama dengan rapi.
Ø  Menerima dan menjalankan ajaran Agama yang dianutnya
Ø  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
Ø  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah
Ø  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia


E.       MATERI
ü  Penggunaan bahasa Indonesia yang baik untuk berdoa (sesuai agama yang dianutnya) di sekolah dan di rumah.
ü  Perilaku yang baik dan sopan dalam mendengarkan dan berbicara pada saat memperkenalkan identitas diri, bercakap-cakap dengan keluarga, guru, dan teman
ü  Berkomunikasi secara lisan dengan orang lain dengan menggunakan informasi tentang data diri, bagian tubuh  dan kebutuhan tubuh, lingkungan dan pola hidup sehat, lingkungan sekitar, buah, tanaman, dan masakan

F.       PENDEKATAN & METODE
Pendekatan                 : Scientific
Strategi                         : Cooperative Learning
Teknik                          : Example Non Example
Metode                         : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah

G.      KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
1.       Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing, dilanjutkan dengan
2.       Guru memberikan salam dan mengajak berdoa.
3.       Melakukan komunikasi  tentang kehadiran siswa.
4.       Mengajak berdinamika dengan tepuk kompak/dinamika dan lagu yang relevan.
5.       Guru menyiapkan fisik dan psikhis anak dalam mengawali kegiatan pembelajaran serta menyapa anak.
6.       Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.
    10
    menit
Kegiatan
Inti
Teman Baru
1.       Membiasakan berdoa sebelum dan sesudah
2.       belajar sesuai dengan agama yang dianutnya
3.       Mendengarkan doa yang ucapkan oleh guru
4.       Bersikap khusuk (menjaga keheningan) dalam mendengarkan doa
5.       Pada awal pelajaran, guru memperkenalkan diri kepada siswa.
6.       Guru meminta siswa membuka buku hal. 1 dan membacakan teks dan nama-nama teman Udin.
7.       Guru menunjukkan cara-cara berkenalan, seperti yang dilakukan oleh Edo dan Beni di buku siswa hal. 2.
8.       Siswa diajak saling berkenalan melalui permainan lempar bola dan menjelaskan aturan permainannya yaitu siswa diminta membuat lingkaran (boleh duduk atau berdiri).
9.       Permainan dimulai dari guru dengan memperkenalkan diri terlebih dahulu, ”Selamat pagi, nama saya Bapak/Ibu.... nama panjang saya.... biasa dipanggil Bapak/Ibu....  kemudian, guru melempar bola pada salah satu siswa (hindari pelemparan bola dengan keras)
10.    Siswa yang berhasil menangkap bola kemudian memperkenalkan diri dengan menyebutkan nama lengkap dan nama panggilan seperti contoh dari guru.
11.    Kemudian, dia melempar bola kepada teman lain. Teman yang menangkap lemparan bola memperkenalkan diri dengan menyebutkan nama lengkap dan nama panggilan.
12.    Demikian dilakukan terus menerus sampai seluruh siswa memperkenalkan diri.
13.    Setelah semua sudah memperkenalkan diri, guru mengajak siswa bernyanyi sambil mengingat kembali nama-nama teman di kelas. Guru menggunakan lagu yang ada di buku siswa.


        Lirik lagu “Siapa Namamu”
        Cipt. A.T. Mahmud
        1     2 / 3 ./ 3  4  /  5 ./
        Sia pa kah na ma mu
        5   4  /  3 . / 3 3 /1 . //
        Na ma ku ............. (sebutkan nama anak)

9.    Siswa masih berada pada posisi melingkar. Guru menyanyi sambil menepuk pundak salah satu siswa, lalu siswa tersebut menyebutkan namanya. Kemudian  siswa tersebut menepuk pundak teman di sebelahnya sambil menyanyi “Siapakah Namamu” dan teman tersebut menyebutkan namanya sambil mengikuti irama lagunya dan seterusnya.
10.  Kegiatan ditutup dengan diskusi tentang pentingnya kita saling mengenal, dan dapat dimulai dari mengenal nama.

Menghias Kartu Nama
1.    Guru menjelaskan untuk dapat mengenal nama teman, kita bisa menggunakan kartu nama.
2.    Guru menyampaikan kalau siswa akan membuat kartu nama mereka masing-masing.
3.    Guru membagikan potongan kertas karton dengan nama masing-masing siswa.
4.  Guru menunjukkan kartu namanya sendiri yang sudah dihias dan sudah dibuat sebelumnya sebagai contoh para siswa.
5.    Siswa diminta untuk menghiasi dan mewarnai kartu nama mereka masing-masing.
6.    Siswa diminta menggunakan kartu namanya selama berada di sekolah .
    150
    menit

Kegiatan
Penutup
1)       Bersama-sama siswa membuat kesimpulan /rangkuman hasil belajar selama sehari
2)       Siswa melakukan perenungan tentang pembelajaran hari ini.
3)       Siswa menuliskan apa  yang telah mereka pelajari, kesulitan-kesulitan yang mereka alami, serta hal lain apa yang ingin mereka pelajari dan ketahui lebih lanjut/dalam.
4)      Guru mengajak para siswa untuk mendiskusikan perenungan dengan mengajak siswa membacakan jawaban mereka.
5)      Bertanya jawab tentang materi yang sudah  dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi).
6)       Siswa  diberi kesempatan berbicara/bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya. Guru menyampaikan pesan untuk hari ini.
7)       Salam dan do’a penutup.
    15
    menit

H.      SUMBER DAN  MEDIA
·         Diri anak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungan sekolah.
·         Buku Pedoman Guru Tema 1 Kelas 1 dan Buku Siswa Tema 1 Kelas 1 ( Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
·         Buku Pengembangan Diri Anak.
·         Video/slide/buklet/pamflet/gambar  tentang  Aku dan Teman Baru.
*      Bola plastik.
*      Kertas Karton yang sudah dipotong- potong dan diberi nama masing- masing siswa.
*      Pewarna  yang bisa digunakan untuk menghias kartu yang sudah disediakan.
*      Tali rafia atau peniti.

I.         PENILAIAN
  1. Prosedur Penilaian
a.       Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir.
b.       Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan (terlampir).
  1. Instrumen Penilaian
a.       Penilaian Proses
1)    Penilaian Kinerja.
2)    Penilaian Produk.
b.       Penilaian Hasil Belajar
·       Pilihan ganda.
·       Isian singkat.
·       Esai atau uraian.




Itulah Contoh RPP Kurikulum 2013 untuk Kelas 1 Sekolah Dasar yang dapat Anda jadikan contoh atau acuan dalam penyusunan RPP kurikulum 2013. Semoga bermanfaat...