KISI-KISI UJIAN KOMPETENSI GURU (UKG)

Posted by Author 0 komentar
Ujian Kompetensi Guru (UKG) merupakan pemilikan, penguasaan, keterampilan dan kemampuan  yang dituntut jabatan seorang guru/pendidik. 
Oleh sebab itu seorang calon guru agar menguasai kompetensi guru dengan mengikuti pendidikan khusus yang diselenggarakan oleh LPTK.
Berdasarkan Permendiknas No. 16 Tahun 2007, guru harus memiliki empat kompentensi, antara lain:
1. Kompetensi Padegogik
2. Kompentensi Keahlian
3. Kompentensi Sosial.
4. Kompentensi Profesional


UU Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen mengamanatkan bahwa profesi guru merupakan bidang pekerjaan khusus yang dilaksanakan berdasarkan standar kompetensi sesuai bidang tugasnya dan pelaksanaan pengembangan keprofesian berkelanjutan sepanjang hayat. Kompetensi merupakan seperangkat pengetahuan, keterampilan, dan perilaku yang harus dimiliki, dihayati, dikuasai, dan diaktualisasikan oleh guru dalam melaksanakan tugas keprofesionalan.

Dari sisi kewajiban, guru wajib memiliki kualifikasi akademik, kompetensi, sertifikat pendidik, sehat jasmani dan rohani, serta memiliki kemampuan untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional. Dari sisi hak, dalam melaksanakan tugas keprofesionalan, guru berhak memperoleh kesempatan untuk meningkatkan kompetensi, memperoleh pelatihan dan pengembangan profesi dalam bidangnya.

Uji Kompetensi Guru (UKG) bertujuan untuk pemetaan kompetensi, sebagai dasar kegiatan pengembangan keprofesian berkelanjutan (continuing professional development) serta sebagai bagian dari proses penilaian kinerja untuk mendapatkan gambaran yang utuh terhadap pelaksanaan semua standar kompetensi.

UKG mulai dilaksanakan dengan Sistem Online pada tahun 2012, untuk kabupaten/kota yang belum mempunyai perangkat yang memenuhi persyaratan sistem online, maka akan dilakukan dengan sistem manual (paper pencil test). Uji kompetensi awal (UKA) dan uji kompetensi guru (UKG) akan tetap digelar meski hasilnya sampai saat ini belum memenuhi target seperti yang diharapkan banyak pihak.
 
Untuk mendapatkan Kisi-Kisi yang khusus dikeluarkan untuk Uji Kompetensi Guru (UKG), dapat mendownloadnya melalui link-link dibawah sesuai mata pelajaran yang anda inginkan.  Untuk mendownload Kisi-kisi UKG sesuai jenjang dan mata pelajaran silahkan Anda download DISINI...