DAVID RICARDO

Posted by Author 0 komentar

DAVID RICARDO (1772-1823)
Tokoh ekonomi David Ricardo lahir di London, Inggris pada tanggal 19 April 1772. Ia merupakan salah satu tokoh yang paling berpengaruh dalam ekonom klasik, bersama dengan Thomas Malthus, Adam Smith, dan John Stuart Mill

Teori pemikiran David Ricardo yaitu mengenai adanya saling menguntungkan dari perdagangan (atau tukar) bahkan jika salah satu pihak selama masing-masing berkonsentrasi pada kegiatan di mana ia memiliki keuntungan produktivitas relatif. 
 
David Ricardo tertarik pada ekonomi setelah membaca Adam Smith Wealth of Nations pada tahun 1799. Teori pemikirannya antara lain sebagai berikut:

The Theory : 
Ia mengemukakan suatu teori yang disebut teori nilai kerja. Upah pekerja menurut Ricardo tergantung kepada keperluan subsistensi, yaitu kebutuhan minimum yang diperlukan  para pekerja agar dapat bertahan hidup.kebutuhan minimum menurut Ricardo tergantung pada lingkungan dan adat istiadat.


Menurut Ricardo, ketika standar umum kehidupan meningkat, upah minimum yang dapat dibayarkan kepada pekerja juga meningkat. Selain itu, Ricardo mengantisipasi adanya perubahan perekonomian secara menyeluruh. selain itu, Ricardo mempertimbangkan kondisi pekerja. Yang mana Jika standar kehidupan minimum meningkat, maka upah minimum juga meningkat. 
Teori keunggulan komparatif
Teori keunggulan komparatif (theory of comparative advantage) merupakan salah satu teori dari beberapa teori yang dikemukakan oleh David Ricardo. Menurutnya, perdagangan internasional terjadi bila ada perbedaan keunggulan komparatif antarnegara. Ia berpendapat bahwa keunggulan komparatif akan tercapai jika suatu negara mampu memproduksi barang dan jasa lebih banyak dengan biaya yang lebih murah daripada negara lainnya (produktivitas dan efisiensi tinggi ).
 
Demikian sekilas tentang tokoh ekonomi David Ricardo, semoga dapat bermanfaat....
Adsense: